Akibat Radiasi Nuklir, Fukushima Jepang Jadi Kota Tanpa Penghuni

Akibat Radiasi  Nuklir,  Fukushima Jepang Jadi Kota Tanpa Penghuni

Kota Fukushima Jepang sekarang jadi kota mati. Kota ini terkena radiasi nuklir pasca PLTN bocor akibat gempa hebat tahun 2011.--Pinterest.com/@Chriss Ryall

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Kota Fukushima merupakan kota di Jepang yang ditutup karena terpapar radiasi nuklir setelah gempa bumi dan tsunami yang menghantam negara Jepang pada tahun 2011.

Menurut sejarah, pada 11 maret 2011 pukul 14:46 waktu setempat, gempa besar mengguncang negeri matahari terbit ini. Gempa kala itu memiliki intensitas seismik hingga 7 (tertinggi 6 di Fukushima) dan besarnya 9,0-9,1. Menjadikannya gempa terbesar yang tercatat dalam sejarah Jepang. 

Gempa besar tersebut kemudian memicu tsunami dahsyat yang menerjang pantai timur Jepang pada ketinggian hingga 40 meter. Dahsyat nya kemudian menyebabkan kecelakaan pembangkit listrik Fukushima Daiichi dan bencana nuklir kala itu.

Kejadian ini membuat banyak orang yang penasaran dengan kondisi kota Fukushima. Saat ini, memang daerah Fukushima dan sekitarnya ditutup dari orang luar. Tetapi, masih banyak hewan yang masih berkeliaran di kota tanpa penghuni tersebut. 

BACA JUGA:Beberapa Tips Traveling Low Budget

BACA JUGA:Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Terkena Gigitan Ular

Meskipun tidak terlarang sepenuhnya, izin dapat diajukan untuk memasuki daerah terlarang di kota ini. Tetapi, untuk prosesnya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 30 hari.

Saat ini, diperkirakan hanya 2,4 persen dari 13.784 km2 luas daratan fukushima yang masih berdampak radiasi. Sementara jarak kota ini ke pusat kota Tokyo cukup jauh yakni 290 km.

Sebelumnya, tidak sedikit orang yang masih takut untuk mendatangi kota Fukushima ini. Daerah ini masih dianggap belum cukup aman dan masih memiliki potensi paparan radiasi tinggi. 

Oleh sebab itu, masih banyak barang-barang yang ada di daerah tersebut tidak tersentuh dan bahkan masih banyak barang yang letaknya sama saja seperti sebelum kota ini ditinggalkan. 

BACA JUGA:5 Suku Terasing di Indonesia Ini Nyaris Punah

BACA JUGA:Terciduk Nonton Konser Suga Berdua, Luna Maya dan Maxim Resmi Pacaran?

Salah satu fotografer berkebangsaan Malaysia, Keow Wee Long, nekat untuk memasuki daerah terlarang Fukushima untuk melihat bagaimana kondisi terkini dari kota tak berpenghuni tersebut. 

Berbekal hanya dengan masker gas, Keow Wee Long berhasil mengabadikan kondisi kota Fukushima tersebut, hal ini sontak membuat foto-fotonya ramai di media sosial. Penampakan kota Fukushima sangat  sepi dan mencekam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: aspirasinews.id