Inilah Amalan dan Ibadah 10 Hari Menjelang Iduladha

Inilah Amalan dan Ibadah 10 Hari Menjelang Iduladha

Sepuluh hari menjelang Iduladha, kaum muslimin dianjurkan memperbanyak amalan dan ibadah.--instagram.com/@hartanahjohorproperty

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Umat muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan memasuki hari raya Iduladha 1444 Hijriah. Termasuk di Indonesia sendiri yang mayoritas rakyatnya kebanyakan beragama Islam.

Lantas adakah persiapan atau amalan ibadah yang khsusus dilakukan untuk meyambut hari raya Iduladha tersebut? Menurut penjelasan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Abdul Somad dalam kanal YouTube Ninda Fazriah tanggal 2 September 2018, salah satu amalan ibadah yang dilakukan adalah jangan makan dulu sebelum salat Iduladha.

Menurut Ustadz Abdul Somad, muslim yang akan melaksanakan salat Iduladha tidak diperbolehkan makan dan minum mulai dari terbit fajar, azan Subuh, hingga khotib turun dari mimbar. Setelah rangkaian salat Iduladha selesai dilaksanakan dan pulang ke rumah, barulah diperbolehkan makan dan minum.

Lalu adakah amalan dan ibadah sepuluh hari menjelang Iduladha? Jawabannya tentu ada. Amalan-amalan tersebut biar penantian menuju Iduladha tidak sia-sia. Ada baiknya menyimak artikel ini sampai selesai.

BACA JUGA:Bukan Introvert Bukan Ekstrovert, Mungkin Kamu Ambivert

BACA JUGA:Ini Kriteria Pj Walikota Prabumulih Menurut Anggota Dewan

Dikutip dari kanal youtube Kkn-DR 74 UIN-SU 2020 tayang tanggal 25 Juli 2020, sebagai berikut:

1. Haji dan Umrah

Melakukan ibadah haji adalah salah satu Rukun Islam bagi mereka yang mampu untuk menunaikanya. Namun, bagi sebagai umat muslim yang belum mampu melaksanakan ibadah haji tidak mengapa.

2. Shaum sunnah yang dicintai Allah

BACA JUGA:Wuih Merinding, 5 Museum Ini Paling Seram di Dunia!

BACA JUGA:Kalahkan LA Lakers, Denver Nuggets Berhasil Kunci Tiket Final NBA 2023

Shaum hari Arafah adalah puasa Arafah merupakan salah satu amalan sunnah yang disyariatkan dalam Islam. Penyebutan Arafah sendiri adalah berkumpulnya kaum muslim yang telah menunaikan ibadah haji di Padang arafah pada tanggal 9 Zulhijah.

3. Perbanyak salat wajib berjamaah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber