Ombudsman RI Ikut Kawal Kesejahteraan Buruh

Ombudsman RI Ikut Kawal Kesejahteraan Buruh

May Day di Palembang, Senin (1/5/2023).-Aji Delia-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari Buruh Internasional diperingati setiap tanggal 1 Mei. Pada peringatannya tahun 2023 ini, sejumlah pihak turut menaruh perhatian guna memperjuangkan kesejahteraan para Buruh. Salah satunya pihak Ombudsman Republik Indonesia.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, M Adriansyah Agustiansyah yang ditemui pada Senin, 1 Mei 2023 menerangkan, dalam perannya mengawasi pelayanan publik, Ombudsman akan terus memastikan kesejahteraan para buruh dapat berlangsung sesuai dengan haknya.

Salah satu upaya yang dilakukan Ombudsman RI seperti mengawal pemberian THR, hingga membantu mediasi pembayaran pesangon bagi para buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Pada momen ini juga pihak Ombudsman menilai masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi pada Undang Undang Cipta Kerja. Seperti dari segi pembayaran upah yang dirasa para buruh tidak sesuai.

BACA JUGA:Setelah Grand Opening, Salman Dental Care Resmi Berpraktik

BACA JUGA:Peran Ombudsman dalam Memastikan Kualitas Pelayanan Publik


Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M Adriansyah Agustiansyah, Senin (1/5/2023).-Sandy Pratama-PALTV

Oleh sebab itu, pihak Ombudsman sendiri menerima pelaporan dari para buruh yang merasa jika ada pelayanan pengaduan pekerja yang dirasa kurang baik dalam hal melayani keinginan para buruh.

“Kalau sampai sekarang karena laporan masalah buruh ini kan masalah reguler yang biasa kita terima seperti itu. Tetapi memang yang perlu kami beri tahukan pada teman-teman buruh bahwa ada lembaga Ombudsman yang memang untuk memastikan layanan publik ini agar bisa diterima dengan baik oleh teman-teman buruh. Jadi kalau memang misalnya merasa layanan ke Disnaker kurang baik dalam menindak lanjuti permasalahan-permasalahan buruh itu bisa melapor ke Ombudsman,” terang Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, M Adriansyah Agustiansyah usai menjadi narasumber program talkshow Halo Palembang edisi Senin, 1 Mei 2023 di Studio 2 PALTV.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv