Biji Nangka Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Biji Nangka Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya

Biji Nangka Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya--diadona.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa dari kita yang tidak mengenal buah nangka? Sejenis cempedak yang memiliki rasa manis yang khas dengan warna buahnya kuning oranye.

Dibungkus dengan kulit yang luarnya berwarna hijau dengan semacam duri yang sedikit tajam, nangka menjadi buah favorit banyak orang.

Dapat dimakan langsung maupun diolah menjadi berbagai macam makanan lezat ataupun minuman-minuman yang segar. Buah nangka mengandung berbagai macam sumber vitamin, serat, serta mineral yang baik untuk kesehatan kita.

Namun, banyak dari kita yang hanya mengambil buahnya saja dan terkadang kulit bagian dalamnya diolah juga menjadi sayur.

Namun, apakah kalian tahu biji dari buah nangka ini memiliki banyak manfaat? Dilansir dari hellosehat.com, dalam 100 gram biji nangka mengandung air, protein, lemak, serat, karbohidrat, magnesium, kalsium, natrium, kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, serta riboflavin. Menyesal selama ini kalian membuang biji nangka?

BACA JUGA:Tutorial Meningkatkan Rasa Percaya Diri Terhadap Diri Sendiri

BACA JUGA:Tips Mengobati Insomnia atau Susah Tidur pada Malam Hari, Lakukan Cara Ini Agar Ampuh

Berikut manfaat dari biji nangka:

1. Menurunkan kolestrol

Biji nangka dapat menurunkan kadar kolestrol LDL yaitu kolestrol jahat yang tidak baik bagi tubuh, dapat menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah kita.

Sementara itu, biji nangka pula dapat meningkatkan kadar kolestrol HDL yaitu kolestrol baik yang dapat mencegah pembentukan plak kolestrol dalam pembuluh darah kita. Oleh sebab itu pula dengan mengonsumsi biji nangka, maka dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga jantung.

2. Menurunkan risiko kanker

Dalam biji nangka, mengandung antioksidan seperti flavonoid, tanin, dan juga saponin yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dimana radikal bebas dapat merusak sel serta memicu perkembangan sel kanker.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber